Semua Orang Itu Guru

“Belajar sama-sama, bertanya sama-sama, kerja sama-sama, semua orang itu guru, alam raya sekolahku, sejahterahlah bangsaku” Begitulah petikan lagu pada pembuakaan kegiatan peningkatan kapasitas 10 orang tutor PAUD dari Umma Pande/Peghe dan Komunitas Bunga Bakung Sumba Barat Daya (SBD). Bukan hanya sebagai lirik yang dilantunkan, harapannya akan menjadi nilai-nilai yang terus di perjuangkan, disebarluaskan dan diwujud nyatakan di desa-desa. Kegitaan berlangsung selama 2 hari sejak tanggal 19-20 Januari 2015 bertempat di aula SOS Sumba. Kegiatan dilaksanakan sekreatif mungkin oleh team fasilitator kreatif Yayasan Sosial Donders untuk menciptakan rasanyaman bagi peserta. Bernyanyi, menari, menggambar dan bercerita tidak terlepas dari proses pelatihan. Mengutip kata salah seorang peserta “Kegiatan hari ini sangat menyenangkan dan harus sering dilakukan “.

Pada bagian awal peserta diajak untuk memetakan potensi lingkungan yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar bagi anak. Pemetaan dilakukan secara kreatif dengan menggambarkan denah lingkungan, mulai dari lokasi PAUD, rumah tutor, pepoonan sekitar, hewan yang ada dan konsi lingkuang lainnya. Dengan ini harapannya tutor dapat menciptakan alat belajar yang lebih kreatif dan tentunya berwawasan lingkungan serta lebih dipahami oleh anak. Disela-sela kegiatan peserta juga disuguhi dengan beberapa permainan yang tentunya menggunakan bahan yang ada dilingkungan sekitar.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah peserta juga di bekali dengan pengetahuan tentang kesehatan, dan bagaimana mengembangkan karakter dan bakat anak. Dengan materi yang mudah dipahami dan dilakukan beberapa simulasi sangat membantu proses transfer pengetahuan. Pada prosenya peserta juga sedang dilatih untuk lebih percaya diri dengan memberi kesempatan pada proses presentasi, memandu bernyayi, dan memberikan ide serta kontribusi yang dapat mendukung proses belajar. Pada akhirnya pengetahuan, cerita, serta pengalaman baik warga akan di kumpul, diramu dan segera akan dibagikan ke lokasi pendampingan dalam bentuk modul belajar seperti tujuan kegiatan. Dengan demikian Proses belajar yang lebih kreatif, berkarakter, bermartabat, dan berwawasan lingkungan akan lebih cepat terwujud (N).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *